RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMPN 1 Adonara Timur
Kelas/semester : VII/I
Mata
pelajaran : IPA
Alokasi waktu :
40 menit
Ø Standar kompetensi
1. Memahami klasifikasi zat
Ø Kompetensi dasar
·
Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan
garam melalui alat dan indikator yang tepat
·
Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yanng
diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
Ø Indikator
·
Mengidentifikasi sifat asam,basa,dan garam
·
Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan
konsep asam,basa,dan garam serta mempersentasikannya
·
Menentukkan derajat keasaman dan kebasaan suatu larutan
Ø Tujuan pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran siswa dapat :
·
Mengidentifikasi sifat asam,basa,dan garam dengan menggunakan
indikator yang sesuai
·
Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan
konsep asam,basa,dan garam serta mempresentasikannya
·
Menentukan derajat keasaman dan kebasaan suatu larutan dengan
menggunakan alat sederhana
Ø Materi pembelajaran : Asam, Basa, Dan Garam
1.
Sifat asam, basa, dan garam
·
Asam
Secara kimia,
asam adalah zat yang dalam air dapat menghasilkan ion hidrogen (H+). Asam akan
terionisasi menjadi ion hidrogen dan ion sisa asam yang bermuatan negatif.
Beberapa asam yang dikenal : asam asetat (larutan cuka),asam askorbat
(jeruk,tomat,sayuran),asam sitrat (jeruk),dll.
·
Basa
Basa adalah zat
yang dalam air dapat menghasilkan ion hidroksida (OH-). Ion hidroksida
terbentuk karena senyawa hidroksida dapat mengikat satu elektron pada saat
dimasukkan ke dalam air.basa dapat menetralisirkan asam (H+) sehingga
dihasilkan air (H2O). Sabun merupakan salah satu zat yang bersifat basa.
·
Garam
Garam adalah
senyawa yang terbentuk dari reaksi asam dan basa.asam bereaksi dengan basa membentuk zat netral dan tidak bersifat
asam maupun basa.reaksi antara asam dan basa dinamakan reaksi netralisasi.beberapa garam yang dikenal :
natrium klorida (garam dapur), natrum bikarbonat (baking soda),dll.
2.
Identifikasi asam,basa dan
garam
Berdasarkan sifat
asam,basa,dan garam, larutan dibedakan menjadi tiga golongan yait:bersifat
asam,basa,dan netral.sifat larutan dapat ditunjukkan dengan menggunakan
indikator asam-basa, yaitu zat-zat warna yang menghasilkan warna berbeda dalam larutan
asam dan basa.
3.
Penentuan skala keasaman dan
kebasaan
Jumlah ion H+
dalam air digunakan untuk menentukan sifat derajat keasaman atau kebasaan suatu
zat. Semakin zat tersebut memiliki keasaman tinggi, semakin banyak ion H+ dalam
air.sedangkan semakin tinggi kebasaan tersebut,semakin banyak ion H- dalam
air.untuk menetukan harga pH dan pOH biasa digunakan indikator universal yang
dapat memperlihatkan warna bermacam-macam untuk tiap pH. pH meter dipergunakan untuk menentukan
tingkat keasaman atau kebasaan suatu zat.
Ø Metode pembelajaran
·
Ceramah
·
Diskusi kelompok
·
Penugasan
·
Tanya jawab
Ø Langkah- langkah kegiatan pembelajaran
No
|
kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
1
|
Kegiatan
pendahuluan
a)
Kegiatan
awal
·
Memberi
salam
·
Mengecek
kehadiran siswa
·
Menyampampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar,indikator pencapaian kompetensi
b)
Apersepsi
dan motivasi
Mengingat
kembali pengetahuan siswa mengenai materi yang berkaitan dengan asam,basa dan
garam.
|
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru dari materi mengenai asam,basa dan garam
·
Peserta
didik dan guru bersama-sama mendiskusikan materi tersebut
Elaborasi
·
Peserta
didik membentuk kelompok
·
Peserta
didik mendiskusikan soal yang diberikan oleh guru dalam kelompok
masing-masing
·
Guru
membimbing diskusi yang dilakukan oleh peserta didik
Konfirmasi
·
Peserta
didik dari tiap kelompok mempresentaikan hasil diskusi dan kelompok lain
menanggapi
·
Peserta
didik dan guru bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang di kerjakan
·
Peserta
didik dsn guru bersama-sama membuat rangkuman dari materi yang diajarkan
|
|
3
|
Kegiatan
penutup
·
Peserta
didik dan guru melakukan refleksi
·
Peserta
didik diberi tugas rumah tentang materi yang dipelajari
·
Salam
|
|
Ø Sumber belajar/alat
·
Sumber belajar
Buku IPA Terpadu
untuk SMP/MTS kelas VII penerbit
·
Alat
White board,
spidol,penghapus,laptop
Ø Penilaian
·
Indikator soal
Ø Penilaian
·
Teknik/jenis :
tertulis
·
Bentuk :
uraian
Ø Instrumen penilaian
1. Sebutkan 3 contoh larutan
asam dalam kehidupan sehari-hari!
2. Jelaskan apa yang di maksud
dengan reaksi penetralan!
3. Sebutkan 3 bahan alami yang
dapat di pergunakan sebagai inndikator asam-basa!
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
NIP :
Ende,16 april 2016
Guru Mata Pelajaran
(FATMAWATI HARUN)
NIM : 2011260532
Tidak ada komentar:
Posting Komentar