Jumat, 29 Juli 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                     :  SMPN 1 Adonara Timur
Kelas/semester       :  VII/I
Mata pelajaran        :  IPA
Alokasi waktu          :  40 menit

Ø  Standar kompetensi
1.      Memahami klasifikasi zat

Ø  Kompetensi dasar

·         Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
·         Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yanng diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

Ø  Indikator

·         Mengidentifikasi sifat asam,basa,dan garam
·         Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam,basa,dan garam serta mempersentasikannya
·         Menentukkan derajat keasaman dan kebasaan suatu larutan

Ø  Tujuan pembelajaran

Setelah melaksanakan pembelajaran siswa dapat :
·         Mengidentifikasi sifat asam,basa,dan garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
·         Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam,basa,dan garam serta mempresentasikannya
·         Menentukan derajat keasaman dan kebasaan suatu larutan dengan menggunakan alat sederhana

Ø  Materi pembelajaran :  Asam, Basa, Dan Garam

1.      Sifat asam, basa, dan garam
·         Asam
Secara kimia, asam adalah zat yang dalam air dapat menghasilkan ion hidrogen (H+). Asam akan terionisasi menjadi ion hidrogen dan ion sisa asam yang bermuatan negatif. Beberapa asam yang dikenal : asam asetat (larutan cuka),asam askorbat (jeruk,tomat,sayuran),asam sitrat (jeruk),dll.
·         Basa
Basa adalah zat yang dalam air dapat menghasilkan ion hidroksida (OH-). Ion hidroksida terbentuk karena senyawa hidroksida dapat mengikat satu elektron pada saat dimasukkan ke dalam air.basa dapat menetralisirkan asam (H+) sehingga dihasilkan air (H2O). Sabun merupakan salah satu zat yang bersifat basa.
·         Garam
Garam adalah senyawa yang terbentuk dari reaksi asam dan basa.asam bereaksi dengan  basa membentuk zat netral dan tidak bersifat asam maupun basa.reaksi antara asam dan basa dinamakan reaksi  netralisasi.beberapa garam yang dikenal : natrium klorida (garam dapur), natrum bikarbonat (baking soda),dll.

2.      Identifikasi asam,basa dan garam
Berdasarkan sifat asam,basa,dan garam, larutan dibedakan menjadi tiga golongan yait:bersifat asam,basa,dan netral.sifat larutan dapat ditunjukkan dengan menggunakan indikator asam-basa, yaitu zat-zat warna yang menghasilkan warna berbeda dalam larutan asam dan basa.

3.      Penentuan skala keasaman dan kebasaan
Jumlah ion H+ dalam air digunakan untuk menentukan sifat derajat keasaman atau kebasaan suatu zat. Semakin zat tersebut memiliki keasaman tinggi, semakin banyak ion H+ dalam air.sedangkan semakin tinggi kebasaan tersebut,semakin banyak ion H- dalam air.untuk menetukan harga pH dan pOH biasa digunakan indikator universal yang dapat memperlihatkan warna bermacam-macam untuk tiap pH.  pH meter dipergunakan untuk menentukan tingkat keasaman atau kebasaan suatu zat.

Ø  Metode pembelajaran
·         Ceramah
·         Diskusi kelompok
·         Penugasan
·         Tanya jawab
Ø  Langkah- langkah kegiatan pembelajaran
No
                                          kegiatan
Alokasi waktu

1
Kegiatan pendahuluan
a)      Kegiatan awal
·         Memberi salam
·         Mengecek kehadiran siswa
·         Menyampampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar,indikator pencapaian kompetensi
b)      Apersepsi dan motivasi
Mengingat kembali pengetahuan siswa mengenai materi yang berkaitan dengan asam,basa dan garam.


2
Kegiatan inti
Eksplorasi 
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru dari materi  mengenai asam,basa dan garam
·         Peserta didik dan guru bersama-sama mendiskusikan materi tersebut
Elaborasi
·         Peserta didik membentuk kelompok
·         Peserta didik mendiskusikan soal yang diberikan oleh guru dalam kelompok masing-masing
·         Guru membimbing diskusi yang dilakukan oleh peserta didik
Konfirmasi
·         Peserta didik dari tiap kelompok mempresentaikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapi
·         Peserta didik dan guru bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang di kerjakan
·         Peserta didik dsn guru bersama-sama membuat rangkuman dari materi yang diajarkan




 
3 
Kegiatan penutup
·         Peserta didik dan guru melakukan refleksi
·         Peserta didik diberi tugas rumah tentang materi yang dipelajari
·         Salam



Ø  Sumber belajar/alat
·         Sumber belajar
Buku IPA Terpadu untuk SMP/MTS kelas VII penerbit
·         Alat
White board, spidol,penghapus,laptop

Ø  Penilaian
·         Indikator soal
Ø  Penilaian
·         Teknik/jenis  : tertulis
·         Bentuk            : uraian

Ø  Instrumen penilaian
1.      Sebutkan 3 contoh larutan asam dalam kehidupan sehari-hari!
2.      Jelaskan apa yang di maksud dengan reaksi penetralan!
3.      Sebutkan 3 bahan alami yang dapat di pergunakan sebagai inndikator asam-basa!



Mengetahui
 Kepala Sekolah

(                              )
NIP :
Ende,16 april 2016
Guru Mata Pelajaran

(FATMAWATI HARUN)
NIM : 2011260532



Tidak ada komentar:

Posting Komentar